Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri
Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Berbagai Macam Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang Harus Kamu Ketahui

Posted on

SoalUNBK.Info, Berbagai Macam Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang Harus Kamu KetahuiMemilih perguruan tinggi dan mencari info pendaftaran mahasiswa baru saat ini pasti sedang dipikirkan oleh banyak siswa-siswi menengah atas yang akan melanjutkan pendidikannya. Perguruan tinggi negeri tentu menjadi banyak incaran para siswa-siswi tersebut. Jangankan untuk memilih universitas negeri yang ingin dituju, biasanya siswa-siswi kelas akhir juga akan merasakan dilema untuk menentukan pilihan melanjutkan pendidikan tinggi atau tidak.

Berbagai Macam Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang Harus Kamu Ketahui

Bagi Anda yang sedang mencari info pendaftaran mahasiswa baru dan seleksinya, artikel kali ini akan membahasnya. Berikut adalah beberapa pilihan jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang dapat Anda coba atau menjadi referensi bagi adik-adik yang lain:

Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri
Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri

SNMPTN adalah jalur seleksi yang paling banyak diidamkan oleh para siswa siswi kelas akhir. Jalur seleksi SNMPTN tidak melalui tes atau ujian seleksi. SNMPT merupakan jalur seleksi yang melihat nilai rapor siswa dari semester satu sampai dengan semester lima sekolah menengah atas dengan masa study tiga tahun dan biodata lain seputar akademik siswa. Untuk itu biasanya pihak sekolah tidak dapat mendaftarkan seluruh siswanya mengikuti seleksi SNMPTN. Sekolah hanya akan memilih siswa-siswa yang memiliki nilai rapor yang bagus tidak menurun setiap tahunnya, atau naik turun tetapi harus selalu meningkat.

Baca Juga ...  Tips Lulus SNMPTN Dan Kuliah Di Universitas Negeri Idaman

Sekolah yang bisa mendaftarkan siswanya mengikuti seleksi SNMPTN adalah sekolah menengah atas SMA/MA/SMK yang sudah mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan telah melakukan pengisian di Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS) dengan sebenar-benarnya. Sekolah menengah di luar negeri Indonesia juga dapat melakukannya dengan ketentuan yang sama.

Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Selain SNMPTN, SBMPTN juga sering dijadikan alternatif kedua apabila dinyatakan tidak lolos jalur seleksi SNMPTN. SBMPTN merupakan seleksi masuk perguruan tinggi negeri dengan mengikuti tes tertulis yang terdiri dari tahap paper based testing, atau computer based testing, atau kombinasi antara tes tertulis dan tes keterampilan. Seleksi SBMPTN dilakukan secara serentak bersamaan di seluruh Indonesia berdasarkan koordinasi dan instruksi dari pengawas dan panitia pusat.

Baca Juga ...  7 Daftar Perguruan Tinggi SNMPTN Terfavorit di Indonesia

Karena serangkaian tes ini yang memang banyak, maka Anda harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar lulus SBMPTN dan lolos perguruan tinggi negeri yang Anda inginkan. Salah satu yang paling penting adalah Anda harus mengetahui seluruh informasi mengenai SBMPTN antara lain persyaratan umum SBMPTN, biaya seleksi dan tata cara pembayarannya, tata cara untuk mendaftar, jadwal pelaksanaan tes, dan termasuk informasi PTN dan program studi atau jurusannya.

Seleksi Mandiri

Jika Anda tidak berhasil pada jalur seleksi SNMPTN dan SBMPTN, tersisa satu jalur yang masih bisa diharapkan yaitu jalur seleksi mandiri. Seleksi mandiri adalah jalur yang diselenggarakan langsung oleh perguruan tinggi negeri atau perguruan tinggi swasta. Seleksi mandiri masing-masing PTN atau PTS tentulah berbeda-beda dan memiliki peraturannya masing-masing. Waktu pengadaannya pun berbeda-beda dan beragam. Jika Anda akan mengikuti seleksi mandiri, Anda harus rutin dan rajin mencari informasi tentang penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri yang diadakan universitas. Anda dapat mengakses informasi tersebut melalui website resmi perguruan tinggi atau sosial media yang dimiliki.

Baca Juga ...  Soal dan Pembahasan UNBK Mata Pelajaran Matematika SMA

Karena jika tidak, Anda bisa saja melewatkan jadwal dan waktunya sehingga Anda akan menyesal dan tidak dapat mengikuti seleksi perguruan tinggi negeri yang Anda tuju.

Itulah info pendaftaran mahasiswa baru yang dapat Anda lakukan. Semoga Anda dapat berkuliah di perguruan tinggi negeri yang Anda tuju. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.