Cara Mengajukan Sanggahan di Portal SSCN dan Contoh Alasan Sanggahan CPNS 2019

SoalUNBK.Info, Cara Mengajukan Sanggahan di Portal SSCN dan Contoh Alasan Sanggahan CPNS 2019 – Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2019 sudah diumumkan di sebagian besar instansi atau lembaga.

Data dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) menunjukkan sampai hari Rabu, 18 Desember 2019 kemaren, sebanyak 476 instansi pusat dan daerah sudah mengumumkan di Portal masing-masing dan juga di portal SSCN.

Kamu yang beruntung dan lulus seleksi administrasi CPNS 2019 bisa segera siap-siap untuk mengikuti tahap selanjutnya, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Untuk kamu yang tidak lulus Seleksi Administrasi dapat mengajukan sanggahan. Jadwal masa sanggah sudah ditetapkan maksimal 3 hari setelah pengumuman. Untuk tanggal pastinya ditentukan masing-masing instansi.

Baca Juga ...  Ini data 6 Kementerian yang Tutup Pendaftaran CPNS 2019 tanggal 24 November, Kamu Udah Daftar?

Menurut catatan BKN sudah ada 93.300 peserta seleksi CPNS 2019 yang mengajukan sanggahan atas hasil seleksi administrasi.

Isi sanggahan peserta seleksi CPNS 2019 bermacam-macam. Sanggahan dapat disampaikan oleh pelamar untuk menanggapi alasan petugas verifikasi sehingga memutuskan mereka tidak memenuhi syarat administrasi.

Status ketidaklulusan dan alasan panitia dapat Kamu ketahui dengan cara masuk atau login ke akun masing-masing di Portal SSCN.

Pelamar akan diberi kesempatan memberikan sanggahan jika dianggap keputusan panitia kurang tepat. Kemudian panitia seleksi akan menanggapi respons pelamar itu. Jika alasan pelamar bisa diterima, mereka dapat dinyatakan lulus seleksi administrasi CPNS 2019.

Peluang sanggahan akan diterima panitia hanya terbuka jika pelamar memang betul sudah mengupload seluruh dokumen persyaratan di Portal SSCN, sesuai yang ditetapkan oleh instansi yang terkait.

Baca Juga ...  Simak Pengumuman Hasil SKD CPNS bulan Maret 2020, Siap-siap mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan Cek Rincian Passing Grade Disini

Perlu Kamu ketahui bahwa selama Masa Sanggah, Kamu tidak diperbolehkan memperbaiki atau menambah dokumen persyaratan yang diupload di Portal SSCN Kamu.

Contoh Alasan Sanggahan

Dengan kata lain sanggahan masih berpeluang diterima hanya jika petugas verifikasi salah atau keliru melihat dokumen pelamar.

Sebagai contoh kasus: surat pernyataan Kamu sudah lengkap dengan materai 6000, tetapi petugas verifikasi salah lihat dan menyatakan berkas itu tanpa materai. Maka Sanggahan Kamu akan diterima.

Contoh alasan sanggahan untuk konteks kasus tersebut di atas adalah “Mohon dicek ulang, surat pernyataan sudah ada materainya

Cara Mengajukan Sanggahan di Portal SSCN

Sebenarnya Tata cara pengajuan sanggahan pelamar CPNS 2019 sudah dijelaskan dalam Buku Petunjuk Pendaftaran SSCN 2019.

  1. Pelamar login di Portal SSCN.
  2. Klik tombol Mengajukan Sanggahan yang ada di bawah keterangan tentang alasan ketidalulusan.
  3. Akan muncul form sanggah disertai kolom untuk mengisi Alasan Sanggahan.
  4. Tulis keterangan di kolom Alasan Sanggah
  5. Centang atau tandai chekbox di bawahnya. Checkbox itu mempertegas bahwa alasan sanggahan dibuat sesuai dengan dokumen yang sebenarnya.
  6. Klik tombol Akhiri Masa Sanggah
  7. Selesai, silahkan tunggu respons atau jawaban dari panitia seleksi

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.