Ini yang Harus Dilakukan jika Ada Perbedaan Data dengan Data Dukcapil di Pendaftaran CPNS 2019

SoalUNBK.Info, Ini yang Harus Dilakukan jika Ada Perbedaan Data dengan Data Dukcapil di Pendaftaran CPNS 2019 – Banyak peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 banyak yang bertanya ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) terkait data diri peserta yang disubmit di web SSCN 2019 tidak sama dengan data yang tercatat pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

Misalnya ada kesalahan data di Dukcapil terkait tanggal lahir dimana didapatkan pihak Dukcapil yang keliru input data tanggal lahir dan tempat namun data yang sama di KK benar.

Bagaimana solusinya?

Masalah tersebut langsung dijawab Pelaksana Tugas (Plt) dan Humas BKN Paryono yang memberikan solusi terkait data yang tidak sama itu harus diurus langsung ke Dukcapil segera.

Baca Juga ...  Kapan Pengumuman Seleksi Administrasi dan SKD CPNS 2019?

Data itu harus dikoreksi di Dukcapil agar saat lulus seleksi CPNS 2019 nanti data kepegawaiannya jadi benar.

Sedangkan untuk kesalahan penulisan Nama tidak menjadi masalah kalau hanya ada sedikit perbedaan. Kalau beda nama nya jauh yang akan dipakai saat peserta diterima adalah data diri di Ijazah.

Karena sudah ada beberapa data yang salah antara yang diinput dengan data di Dukcapil dihimbau kepada peserta seleksi CPNS 2019 agar memastikan data NIK sudah benar dan tersimpan di Dukcapil. Karena hal ini akan memudahkan peserta saat membuat akun SSCN 2019.

Disamping itu BKN juga mengingatkan agar peserta tidak menyebarluaskan NIK mereka ke media sosial atau ke orang lain, karena nomor itu bisa disalahgunakan yang nantinya bisa berakibat adanya peserta seleksi CPNS 2019 abal-abal. BKN sempat menemukan ada sejumlah akun abal-abal yang mendaftar CPNS 2019. Tapi saat ini sudah tidak ditemukan lagi.

Berdasarkan update data pelamar seleksi CPNS 2019 per tanggal 22 November 2019 pukul 16.43 WIB, sebanyak 4.336.587 pelamar yang sudah membuat akun SSCN. Dari jumlah itu, 2.658.829 pelamar sudah mengisi formulir, dan sebanyak 1.690.685 pelamar telah submit.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.