Jalur Masuk Universitas Negeri

Jalur Masuk Universitas Negeri di Indonesia

Posted on

SoalUNBK.Info, Jalur Masuk Universitas Negeri di Indonesia – Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi seperti ke perguruan tinggi negeri seperti memang tak bisa hanya mengandalkan keinginan dan niat semata. Hal ini dikarenakan ada berbagai macam faktor yang harus diperhatikan saat berniat melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. Diantaranya seperti pilihan jalur pendaftaran/masuk, persyaratan mendaftar, skema seleksi pada tiap jalurnya, dan jadwal seleksi juga harus benar-benar diperhatikan.

Jalur masuk universitas Negeri
Jalur masuk universitas Negeri

Walaupun persaingannya cukup ketat, tidak berarti mampu menembus PTN merupakan hal yang mustahil diwujudkan. Untuk mengakomodasi para peminatnya, terdapat 3 jalur masuk perguruan tinggi negeri yang dapat diikuti, seperti SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), Seleksi Mandiri, dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Seleksi Masuk PTN dari Masa ke Masa

Supaya kalian tidak galau, maka kalian harus tahu dulu jika dari tahun ke tahun seleksi penerimaan calon mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri telah mengalami perubahan-perubahan, seperti dari namanya, jenis seleksi, aturan main, sampai daya tampungnya. Mulai dari SKALU (Sekertariat Kerjasama Antara Lima Universitas) dengan menggelar ujian masuk PTN yang dilaksanakan pada tahun 1970-an. Adapun pilihan kampus yang menyediakan jalur masuk ini ialah Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah mada, Universitas Airlangga, dan Institur Teknologi Bandung. Kemudian di akhir tahun 1970-an nama seleksinya diubah menjadi SKASU (Sekertariat Kerjasama Antar Sepuluh Universitas).

Baca Juga ...  Belum Mengetahui Apa Yang Dimaksud SNMPTN? Berikut Ini Penjelasan Lebih Terperinci
Jalur masuk universitas
Jalur masuk universitas

Pada tahun 1983 dikenal Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru, disingkat menjadi SIPENMARU. Pada tahun 1989-2001 jalur masuk PTN dikenal dengan UMPTN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dengan konsep yang berbeda jauh dari SBPMTN zaman sekarang. Lalu pada tahun 2002-2007 UMPTN namanya berubah menjadi SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) yang dikelola oleh panitia SPMB.

Pada tahun 2008-2010 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi RI pun turun tangan dengan menyelenggarakan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Di tahun 2011-2012 ada SNMPTN tulis dan SNMPTN Undangan, dilanjutkan pada tahun 2013-2015 yang dikenal dengan nama SBMPTN dan SNMPTN, pada tahun 2016 namanya masih sama hingga sekarang.

Baca Juga ...  Begini Cara Cek Hasil UTBK 2019

Perbedaan Jalur Masuk Universitas Negeri SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri

SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi) Lewat Jalur Undangan

  • Jalur undangan ini maksudnya ialah jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri tanpa harus ujian tertulis. Jadi pihak PTN mengundang kalian untuk masuk ke kampus/universitasnya.
  • Untuk memperoleh undangan ini, kalian harus mendaftar terlebih dulu ke panitia SNMPTN lewat sekolah. Kemudian kalian akan diseleksi menurut nilai raport, akreditasi sekolah, dan prestasi akademikmu.
  • Jalur undangan biasanya hanya berlaku bagi lulusan pada tahun tersebut.
  • Jurusan yang dapat dipilih maksimal ada 3, lalu salah satunya harus PTN yang ada satu kota dengan kota SMA kalian berada.
  • Seleksinya gratis.

SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

  • Awalnya, SNMPTN ini sering tertukar dengan SBMPTN, ini dikarenakan semula keduanya bernama SNMPTN. Hanya saja, yang satu dinamakan SNMPTN Jalur Undangan sedangkan yang satunya lagi bernama SNMPTN Ujian Tertulis. Jadi biar kalian tidak tertukar atau bingung, SNMPTN versi ujian tertulis diubah menjadi SBMPTN.
  • Pada SBMPTN terdapat 3 hal yang akan diujikan, diantaranya berupa Ujian Tes Potensi Akademik, Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi, dan Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora.
  • Jurusan yang dapat dipilih maksimal ada 2 atau 3 khusus bagi IPC.
  • Peserta akan dikenakan biaya sebesar Rp. 200 ribu.
Baca Juga ...  Pengumuman UTBK SBMPTN Gelombang 2

Seleksi Mandiri

  • Saat ini ada banyak Perguruan Tinggi Negeri yang mengadakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru sendir, diluar program pemerintah, seperti UTUl UGM, SIMAK UI, hingga USM UNSRI.
  • Namun ada pula PTN yang tidak mengadakan ujian/seleksi mandiri, di UNPAD dan ITB.
  • Beberapa PTN menawarkan jalur mandiri namun tanpa ujian/tes sendiri.
  • Biaya pendaftaran seleksi mandiri ini tergantung kebijakan tiap-tiap PTN.

Itulah 3 pilihan jalur masuk universitas negeri yang bisa kalian pilih dan persiapkan mulai dari sekarang. Kalian bisa mencari informasi lebih jelas tentang jalur penerimaan calon mahasiswa baru di PTN yang ada di Indonesia!

BACA JUGA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.