Kalau Lolos Seleksi CPNS 2019 Kamu ga Boleh Mundur, Akan di Denda Rp 25 Juta – Rp 100 Juta, Wuiih

SoalUNBK.Info, Kalau Lolos Seleksi CPNS 2019 Kamu ga Boleh Mundur, Akan di Denda Rp 25 Juta – Rp 100 Juta, Wuiih – Badan Kepegawaian Negara (BKN) melakukan reminding kepada para peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) 2019 Twitter BKN, @BKNgoid.

Reminding via twitter itu berisi tentang isi surat pernyataan bahwa peserta bersedia mengabdi pada instansi yang didaftar dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apa pun paling singkat selama 10 tahun sejak TMT PNS.

BKN juga mengingatkan bahwa akan ada sanksi buat yang mundur setelah dinyatakan lolos CPNS 2019 tahun ini. Sanksi tersebut berbentuk tindakan administrasi maupun denda. Sanksi berupa Denda besarannya ditetapkan oleh instansi bersangkutan.

Peraturan Menpan RB Nomor 23 Tahun 2019 menyebutkan bahwa jika peserta yang dinyatakan lulus dan mengajukan pindah, maka peserta yang bersangkutan dianggap mengundurkan diri.

Baca Juga ...  Jadwal dan Lokasi Tes SKD CPNS 2019 di Jawa Tengah dan DIY

Sedangkan sanksi yang diterima berdasarkan Peraturan Menpan RB Nomor 23 Tahun 2019 adalah sebagai berikut:

Jika peserta yang sudah dinyatakan lulus tahap akhir seleksi dan sudah mendapat persetujuan Nomor Induk Pegawai (NIP) dan kemudian mengundurkan diri, akan mendapatkan sanksi tidak boleh mendaftar pada penerimaan Pegawai Negeri Sipil untuk periode berikutnya.

Ketentuan mengenai sanksi diserahkan ke masing-masing institusi atau instansi yang terkait. Artinya sanksi tiap instansi bisa berbeda-beda. Secara umum di tiap instansi terdapat dua jenis sanksi yang diterapkan ke peserta CPNS 2019 jika dinyatakan lolos namun kemudian mengundurkan diri yaitu:

  • Peserta yang bersangkutan tidak boleh lagi mendaftar di penerimaan CPNS periode selanjutnya.
  • Denda dalam bentuk uang dengan jumlah nominal tertentu, berbeda tiap instansi.

Angka denda berupa uang sangat bervariasi antar instansi, ada yang menerapkan denda Rp 25 juta, ada juga yang sampai Rp 100 juta. Kamu kudu hati-hati dalam mengambil keputusan mengundurkan diri.

Baca Juga ...  Ini 5 Instansi yang Masih Buka Pendaftaran CPNS 2019 Sampai Hari Ini Saja, Buruan Daftar

Kementerian Luar Negeri

Dari Pengumuman Kementerian Luar Negeri Pengumuman/00008/KP/11/2019/24/03 tentang Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Luar Negeri Tahun Anggaran 2019, poin X nomor 10, dikatakan bahwa:

Bagi peserta yang telah dinyatakan lulus hingga tahapan terakhir seleksi, tetapi mengundurkan diri dikenakan sanksi dengan diwajibkan mengganti biaya yang telah dikeluarkan Panitia sebesar Rp 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) untuk disetorkan kepada Kas Negara sesuai dengan Peraturan Menteri Luar Negeri Nomor 04 Tahun 2009 tentang Pejabat Dinas Luar Negeri Diplomatik dan Konsuler.

Disamping itu peserta itu dikenakan sanksi tidak boleh mengikuti seleksi penerimaan CPNS di periode berikutnya.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia

Berdasarkan Pengumuman Nomor: 01/PANSEL-CPNS/11/2019 tentang Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian PPN/Bappenas Tahun Anggaran 2019, pada poin VII nomor 4, disebutkan:

Baca Juga ...  10 Formasi CPNS 2019 ini Masih Nihil Pelamar

Peserta yang dinyatakan lulus pada tahap akhir seleksi, dan/atau yang telah mendapat NIP tetapi mengundurkan diri dengan alasan apapun dikenakan sanksi berupa wa.lib mengganti biaya seleksi yang telah dikeluarkan Panitia sebesar Rp. 35.000.000 (tiga puluh lima juta rupiah) untuk disetorkan kepada Kas Negara.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

Pengumuman KemenkumHam Nomor: SEK.KP.02001-745 tentang Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Tahun Anggaran 2019, disebutkan bahwa Kemenkumham akan mengenakan sanksi ganti rugi selain sanksi tidak boleh mendaftar pada penerimaan CPNS selanjutnya. Khusus di KemenkumHam besaran denda tidak disebutkan.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.