Persyaratan masuk perguruan tinggi negeri
Persyaratan masuk perguruan tinggi negeri

Persyaratan Masuk Perguruan Tinggi Lewat Jalur Seleksi Nasional

Posted on

SoalUNBK.Info, Persyaratan Masuk Perguruan Tinggi Lewat Jalur Seleksi Nasional – Persyaratan masuk perguruan tinggi negeri tahun 2018 sebenarnya tak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Memutuskan untuk kuliah bagi lulusan SMK/SMA/MA sebenarnya tidak mudah. Ada beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan, seperti akan melanjutkan kuliah dimana, mengambil jurusan apa, biaya masuk kuliah, hingga pertimbangan lainnya harus dipikirkan.

Jika kalian sudah menemukan pilihan perguruan tinggi yang tepat, maka kalian pun akan dihadapkan dengan berbagai program pendaftaran yang harus kalian ambil. Berikut macam-macam program pendaftaran yang dapat dijadikan referensi bagi kalian yang akan memasuki jenjang perkuliahan, seperti di bawah ini :

Persyaratan Masuk Perguruan Tinggi Lewat Jalur Seleksi Nasional

Jalur SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, adalah pola seleksi nasional menurut hasil penelusuran dari prestasi akademik memakai raport semester 1 sampai semester 5 bagi SMK/SMA/MA  atau sederajat sesuai masa belajar selama 3 tahun atau dari semester 1-7 untuk SMK dengan waktu belajar selama 4 tahun, dan portofolio akademik. Adapun persyaratan masuk perguruan tinggi dengan program SNMPTN ini salah satunya harus lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat dan telah memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) serta sudah mengisi Pangkalan Data Siswa Sekolah (PDSS) dengan lengkap dan benar.

Baca Juga ...  Soal Tryout UASBN PKn untuk SD

Jadi sederhananya, agar bisa menempuh jalur masuk perguruan tinggi SNMPTN ini siswa tak perlu melakukan ujian tertulis terlebih dulu. Selain itu, biasanya seleksi ini dilakukan sebelum kelulusan melalui sistem seleksi portofolio prestasi dan nilai rapot yang sudah dikumpulkan selama kalian aktif bersekolah.

Persyaratan masuk perguruan tinggi
Persyaratan masuk perguruan tinggi

Jalur PMDK-PN

Jalur masuk perguruan tinggi lainnya ialah lewat program Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri atau lebih dikenal dengan nama PMDK-PN.  Jalur ini adalah seleksi masuk perguruan tinggi lewat jalur undangan khusus bagi calon siswa atau peserta didik yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Politeknik Negeri atau Bidang Vokasi di seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Adapun pola seleksi PMDK-PN ini sudah tertuang dalam sebuah sistem terpadu yang diselenggarakan dengan serentak lewat seleksi prestasi akademik peserta didik selama menempuh pendidikan di SMA/SMK/MA atau sederajat.

Baca Juga ...  Ini Dia Beda UN 2019 dengan USBN 2019

Dapat disimpulkan bahwa PMDK PN ini merupakan jalur seleksi calon mahasiswa baru yang akan melanjutkan kuliah ke Politeknik Negeri yang ada di seluruh Indonesia. Selain itu, untuk mengikuti jalur seleksi ini kalian tak perlu mengikuti ujian tertulis, cukup memasukkan nilai raport dari semester 1 hingga semester 5.

Jalur SBMPTN

Jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah seleksi berdasarkan pada hasil ujian tertulis berbentuk cetak atau memakai komputer, atau merupakan kombinasi dari hasil ujian tertulis dengan ujian keterampilan para calon mahasiswa, yang dilakukan bersama-sama.

Untuk mengikuti program seleksi ini, siswa harus mengerjakan berbagai tes, baik itu tes computer based, paper based dan ujian keterampilan untuk memasuki jurusan yang diinginkan. Maka dari itu, kalian harus mempersiapkan diri jika ingin sukses dan lulus ujian SBMPTN, sehingga bisa masuk ke perguruan tinggi yang kalian sukai.

Baca Juga ...  Simak! Ini Prediksi Soal UN SMP/MTs 2017

UMPTK

UMPTK merupakan kepanjangan dari Ujian Masuk Perguruan Tinggi Kedinasan. PTK (Perguruan Tinggi Kedinasan) ialah lembaga perguruan tinggi yang masih memiliki ikatan dengan pihak lembaga kementrian atau pemerintah sebagai penyelenggara bidang pendidikan. Perguruan Tinggi Negeri ini menawarkan pendidikan perguruan tinggi dengan biaya terjangkau, bahkan para siswanya mendapatkan uang saku tiap bulan, dan beberapa diantaranya bersifat semi militer. Sekolah Ikatan Dinas ini berbeda dari PTN, di PTK ini mahasiswa akan menempuh bangku perkuliahan lalu sesudah mereka lulus bisa langsung bekerja.

Adapun tantangan kuliah di sini ialah mahasiswanya dituntut belajar dengan sebaik mungkin, bahkan bisa lulus ujian dengan nilai yang bagus setiap semesternya. Adapun contoh institusi kedinasan tersebut diantaranya, Sekolah Tinggi Ilmu Statistika, Politeknik Keuangan Negara STAN, Akademi Imigrasi, Institute Pendidikan Dalam Negeri, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa persyaratan masuk perguruan tinggi melalui jalur-jalur nasional yang tersedia. Untuk kalian yang ingin memasuki bangku perkuliahan harus mempersiapkannya dari sekarang!

BACA JUGA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.